Aplikasi Sistem Informasi Kehadiran Pegawai Berbasis Identifikasi Sidik Jari atau Telapak Tangan ( 5 Jari)[4 Oct. 2010, 1:42:32]
Keunggulan Sistem
1. Finger Print Scanners Terminal;
a. Akurat didalam melakukan pengenalan pola sidik jari
b. Akurat didalam mencatat waktu transaksi
c. Dapat menampilkan timer transaksi, watu saat transaksi, status transaksi, nama user, photo user, NIP user, Status Kepegawaian user dan kondisi transaksi secara visual melalui layar monitor.
d. Meyimpan data transaksi user, melanjutkan ke server dan mengapus data secara otomatis apabila data telah terkirim secara periodik ke komputer server.
e. Menghindari kesalahan input dengan adanya bantuan keyboard ( inputan NIP) yang berukuran ideal guna dikombinasikan dengan inputan pola sidik jari yang unik.
f. Memberikan informasi waktu yang jelas kepada setiap user pada setiap akan melakukan transaksi.
g. Sistem penyimpanan tidak hanya bergantung pada kemampuan alat scanning karena ditunjang olah proses penyimpanan data secara logic pada perangkat sistem komputer
h. Antarmuka didesain dengan semaksimal mungkin guna mempermudah user untuk melakukan transaksi dan menyederhanakan administrator didalam pemeliharaan/ perawatan.
i. Sistem diintegrasikan pada aplikasi absensi yang terkoneksi kepada komputer server secara realtime.
j. Kondisi perangkat keras yang tersimpan pada lemari khusus sehingga lebih aman dan terjaga dari proses pengrusakan dan gangguan eksternal.
k. Terhindar dari proses kecurangan antar user sebagai akibat dari dua inputan berupa NIP melalui keyboard dan sidik jari melalui mesin finger print scanning.
l. Alat finger print scanners terkoneksi ke PC terminal menggunakan usb CONNECTOR sehingga memiliki kecepatan pengiriman data yang cukup baik.
2. Sistem Absensi Sidik Jari
a. Tampilan aplikasi lebih user friendly dan mudah dioperasikan.
b. Disediakan media peyimpanan data yang cukup besar dan aman sehingga dapat mengkoleksi data kehadiran dengan cukup detail dan akurat
c. Sistem akan mencatat semua inputan kombinasi NIP dan sidik jari.
d. Pencatatan data dilakukan secara realtime mengingat jumlah antrian user dan jumlah terminal inputan
e. Penentuan ship kerja karyawan, sehingga pengolahan sistem absensi menjadi lebih akurat untuk membedakan ship karyawan.
f. Data user akan dicatat secara bersamaan dengan waktu transaksi yang dilakukan sehingga proses pelaporan menjadi lebih akurat dan sistematis.
g. Dapat membedakan transaksi user berdasarkan ship kerja, lamanya jam kerja, keterlambatan masuk kerja, pulang sebelum waktunya, hari kerja dan perbedaan ststus kerja user.
h. Memberikan laporan kehadiran user secara periodik sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
i. Memberikan informasi kehadiran secara otomatis kepada sistem payroll yang tersimpan pada server guna mengolah sistem penggajian.
j. Memberikan informasi kehadiran per user, per departemen dan secara menyeluruh semua karyawan
3. Sistem Payroll
a. Tampilan aplikasi didisain lebih user friendly dan agar mudah didalam mengoperasikan dan menjalankannya.
b. Disediakan media peyimpanan data yang cukup besar dan aman sehingga dapat mengkoleksi data personalia dengan cukup detail dan akurat guna menghasilkan laporan yang sistematis.
c. Inputan data kehadiran karyawan berasal dari finger print scanners dan operator ( apabila perbaikan dan revisi secara manual)
d. Input data karyawan dengan cara membuat software engineer guna mengkonversi data lama agar meminimalisasi pekerjaan operator untuk tidak menginputkan data karyawan ulang secara konvensional.
e. Sistem terintegrasi langsung ke terminal finger print scanners sehingga data kehadiran cukup akurat untuk dapat diolah di sistem payroll, sehingga operator hanya memvalidasi saja.
f. Mengelola dan mengolah data karyawan, sehingga dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan personalia dan pihak manajemen perusahaan.
g. Aplikasi Penggajian yang Customizable yang dapat disesuaikan Formula dan Parameter Gaji yang berlaku pada perusahaan, perhitungan gaji dilengkapi dengan perhitungan Pajak Karyawan
h. NIP dijadikan unique key sehingga dapat menghindari duplikasi data sehingga dapat menghemat space media penyimpanan.
i. Mengolah data gaji karyawan berdasarkan :
1. Data kehadiran karyawan secara otomatis dari sistem absensi dan alat finger print scanners
2. Data kerja karyawan
3. Data Tunjangan
4. Data Potongan
5. Data Jabatan
6. Bonus dan kenaikan pangkat
j. Memberikan laporan secara berkala diantaranya harian, mingguan, serta bulanan serta fasilitas backup laporan periode sebelumnya.
k. Memberikan laporan keluaran untuk pihak managemen, pimpinan, bank dan backup data berupa file.
l. Dapat menghasilkan laporan yang sudah terkonversi ke aplikasi microsoft word dan exel serta aplikasi data base lainnya.
m. Data base payroll yang dibuat bersifat terbuka sehingga dapat dikoneksikan dengan sistem lainnya seperti akunting, ekspor impor, inventory control, produksi, dan lain-lain.
n. Dapat menangani dan mengolah data karyawan secara dinamis ( karyawan tetap ataupun Karyawan Sub Kon)
o. Disediakan fasilitas pencarian data sesuai dengan keinginan operator payroll.
p. Dapat menghapus, mengedit, menambah , dan menimpa data sesuai dengan hak akses masing-masing user dan operator.
Aplikasi yang dijual meliputi satu paket :
- Aplikasi Absensi
- Interface Hardware
- Aplikasi Payroll
- 3 Lemari Terminal
- 3 PC terminal Pentium 4
- 3 Monitor Visual 15"
- 3 Finger Print Scanner
- Switch dan UTP Cable
- dll.